Sabtu, 01 April 2017

Akankah Yamaha Rancang RX-King Berteknologi Baru Mesin 2 Tak Injeksi, Mungkinkah RX-King Injeksi Akan Lahir ?

Akankah Yamaha Rancang RX-King Berteknologi Baru Mesin 2 Tak Injeksi, Mungkinkah RX-King Injeksi Akan Lahir ?




maraknya kendaraan bermotor roda dua mungkin menjadi bahasan yang cukup memenuhi tulisan-tulisan di dunia maya, khususnya dunia maya, Entah apa yang saya pikirkan hingga akhirnya saya mempunyai ide yang menjurus pada topic pembahasan motor lawas buatan Yamaha… Yah itulah dia motor yang memiliki julukan Sang Legenda….. “Yamaha RX-KING namanya”. Semua orang pasti mengenal akan sosok motor yang power full ini… dilihat dari sisi sportnya iya… dilihat dari sisi curanmor juga iya… lah kok bisa…!? Lah wong selain motor ini terkenal akan kegagahannya berlaga di jalan aspal, motor ini juga digunakan sebagai ajang mencari rizeki tuhan yang illegal atau terlarang alias bisa kita bilang Haram…. Contohnya tau sendiri toh… motor ini hampir 80 % digunakan oleh kalangan Jambret, Rampok, Dll

Motor yang mengusung mesin tipe 2tak ini memiliki kapasitas mesin 132cc,  dengan menerapkan sistem percepatan tipe retrun dan tentunya dengan sistem pengapian AC-CDI ini, telah  menjadi tren motor yang tak tergerus oleh masa, dengan melihat masih banyaknya kendaraan ini berseliweran di jalan raya…meski kita lihat harga BBM semakin merangkak naik… Tak menjadi halangan yang berarti bagi sang pecinta motor ini.
sempat berfikikir mengenai motor yang cukup digandrungi oleh banyak kalangan masyarakat ini, sempat beberapa pertanyaan yang tercatum dalam Otak kalian…. kir-kira mungkin nggak untuk motor lawas Yamaha tipe sport yang satu ini akan naik jabatannya…!?, alias dapat pembaharuan dari sisi mesinnya, yang dulunya pakai sistem pengatur konsumsi BBM tipe karburator, di up-grade menjadi sistem Injeksi. 

Seperti halnya pada motor bebek anyar  keluaran yamaha yang di launching pada bulan bulan kemaren,  yakni Yamaha Force ( klik untuk baca artikle), yak….sempat kita dengar toh yang namanya yamaha force ini… dulunya kan nama ini diberikan kepada motor bebek yamaha tipe 2tak, yakni Yamaha Force-1, nah berhubung motor ini namanya tersohor alias terkenal khusnya di kalangan masyarakat… maka pabrikan Yamaha mempunyai fikiran cerdas… yakni mengambil nama tersebut untuk di up-grade kembali dengan menanamkan nama tersebut pada motor  bebek anyar yamaha, yakni Yamaha Force. Tentunya untuk motor ini juga diberikan sebuah polesan teknologi yang sekarang marak di dunia otomotif ( teknologi Injeksi ).
ada harapan baru setelah KTM temuakan penemuan baru mesin 2ak injeksi
Sementara itu, apa yang membuat motor 2-tak selalu dicintai fans-nya? Tentu saja karena motor 2-stroke tersebut punya potensi power 2 kali lipat motor 4-tak dengan kapasitas mesin yang sama, plus jauh lebih bersahabat dalam hal perawatan karena part mesin yang digunakan jauh lebih sedikit.

Nah, gimana kalau kedua hal tadi kita satukan jadi sebuah Mesin 2-Tak Fuel-Injection? Pastinya ini bakal jadi ‘mimpi basah’ para speedlovers yang sudah merasakan dahsyatnya sensasi mesin strokers jadul… Lantaran hasilnya adalah sosok motor berpower dahsyat, ramah lingkungan, irit BBM, serta mudah dalam hal perawatan! Tapi sayangnya, membuat mesin 2-Tak Fuel Injection tak semudah mengganti sistem karburator ke injeksi di motor 4-Tak… 



Berbicara sejarah, konsep ini sebenarnya sudah banyak dikembangkan oleh berbagai produsen roda 2 sejak 2 dekade yang lalu – mulai dari OSSA, hingga Bimota V-Due. Namun sayangnya, tak satupun yang berakhir sukses! OSSA terpaksa gulung tikar lantaran konsep motor 2-Tak Fuel-Injection nya yang super mahal tak laku dipasaran… Sementara Bimota V-Due yang mengandalkan mesin 2-Tak Direct-Injection justru jadi biang kerok kebangkrutan produsen Italia tersebut, lantaran segudang problem yang menyertai sistem injeksinya.
 2-Tak Fuel Injection is Back to Bussiness!
Mungkin  dengan sedikit pembahasan yang satu ini, mudah mudahan dari pabrikan motor standart Jepang ini bisa mempertimbangkan, atau minimal melirik sedikit aja… mengenai konsep  lawas dari motor  yang Legendaris ini… mudah mudahan bisa di dengar oleh pabrikan Yamaha, khususnya Yamaha Indonesia agar bisa temukan inofasi lahirkan sang legenda rx king injeksi..


semoga bermanfaat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar