RUMUS JITU BUAT POMPA OLI RX-KING BERMASALAH
Anda bingung memiliki Pompa Oli Samping Rx King yg macet atau terjadi sesuatu yang bermasalah? Karena jenis motor ini merupakan jenis motor yang masih dibanggakan, dan masih ada banyak yang belum tahu cara merawatnya dengan benar.
Motor jenis ini menjadi motor yang melegenda, karena pada zaman ini dimana semua tekhnologi menjadi semakin maju dan telah injeksi, tapi masih juga banyak para peminat motor ini..
Meski banyak orang yang sudah tidak memakai jenis motor ini, tapi masih banyak juga orang – orang yang hanya mengoleksi nya saja. Karena jenis motornya melegenda dan kuno, jelas perawatan motor jenis ini harus ekstra hati – hati. Selain itu semua aksesoris yang dibutuhkan semakin kurang popular dipasaran.
Memiliki jenis motor ini dirumah membutuhkan ketelitian yang ekstra dalam perawatannya. Apabila anda ingin merawat motor ini, ada baiknya anda merawat mesin dan melakukan service rutinan. Merawat motor dari dalam jauh lebih bijak untuk menghindari kerusakan mesin motor di kemudian hari.
Ada banyak bagian dalam motor yang harus dirawat agar motor semakin memiliki peforma yang bagus. Hal – hal yang perlu diperhatikan dari motor Rx King adalah bagian pelumas, bagian karburatornya, bagian kopling, rem, dan rantai penggerak. Pompa oli samping Rx King macet yang paling sering terjadi apabila anda tidak merawat pompa autolube anda dengan baik.
Ada beberapa cara dan tips yang bisa anda gunakan untuk memperbaiki atau merawat pompa oli samping agar tidak bermasalah. Sebelumnya anda perlu tahu terlebih dahulu fungsi dari pompa tersebut.
Fungsi dari pompa autolube adalah mengatur arus oli samping. Nah, apabila oli samping yang bekerja terlalu boros, maka kepala silinder akan berkerak sehingga lama – kelamaan akan mengeluarkan asap putih tebal. Namun apabila pompaan arus oli samping kurang, maka akan ada konsekuensi lain. Untuk itu kita wajib melakukan pengecekan dan penyetelan ulang pada bagian dan atau kompenen di pompa oli samping. Masalah kemacetan yang terjadi pada pompa oli samping pastinya akan menimbulkan banyak permasalahan di mesin motor anda. Sehingga anda wajib melakukan pengecekan pompa oli samping agar mesin motor anda baik – baik saja.
Letak posisi pompa oli samping berada di samping kanan mesin motor anda,.memang sih ada banyak bagian motor yang harus anda rawat seperti bagian karburator. Karburator motor memang wajib anda perbaiki karena biasanya akan terjadi masalah pada karburator dimana bagian ini dapat berubah atau bergeser. Hal ini disebabkan karena sering terjadinya getaran pada mesin. Selain itu sering- seringlah memperhatikan pelumas atau oli anda. Bagian ini harus tetap dalam jumlah maksimum dan bersih sehingga wajib mengganti oli setiap enam bulan sekali. Apabila pada pompa oli samping macet, anda bisa memeriksa penjepit penghisap pompa autolube nya.
Bagian ini harus sejajar posisinya dengan bagian yang ada pada puli pompa. Apabila anda melihat ada kemiringan atau ketidaksejajaran posisi mereka, maka anda bisa mengembalikannya dengan melonggarkan mur pengunci alat pengantur panjanganya kabel di bagian atas tutup mesin. Kemudian anda juga bisa melakukan perbaikan panjang kabel sehingga sejajar.
Kemudian Masalah yang sering timbul lagi adalah pompa oli samping sering bocor. Lalu, apa yang menyebabkan pompa oli samping tersebut bocor?
Pompa oli samping bocor dapat diakibatkan oleh adanya pemasangan komponen motor yang tidak pas. Terlebih lagi kebocoran akan semakin parah saat keadaan di pompa oli tersebut patah saat pemasangan. Maka, itulah penyebab utama pompa oli samping sering bocor.
Jadi karena motor ini merupakan motor tua maka dalam melakukan perawatannya juga butuh yang ekstra dan khusus agar kondisi sang raja anda akan semakin prima.
Semoga bermanfaat & share ke kingers yang lain biar jadi pencerahan bagi mereka
sumber >> jiwarxking.blogspot.co.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar